Desain Penelitian

Desain penelitian adalah strategy untuk menemukan jawaban terhadap pertanyaan penelitian. Hal ini meliputi metode pengambilan data dan metode analisis data.

Salah satu dari desain penelitian adalah desain eksperimen (experimental design). Dalam desain ini, peneliti memiliki kendali terhadap sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi hasil. Desain seperti ini banyak dilakukan di jurusan Biologi. Perhatikan contoh berikut ini.

Gamification didefinisikan sebagai penggunakan elemen-elemen game dalam konteks bukan game. Sebagai contoh, salah satu elemen game adalah adanya skor untuk menunjukkan prestasi pemain. Elemen skor ini dapat digunakan dalam e-learning untuk menggambarkan tingkat penguasaan peserta.

Gamifikasi dalam bidang edukasi banyak diteliti. Contoh pertanyaan penelitian adalah: Apakah gamifikasi dapat meningkatkan kualitas belajar.

Untuk memecahkan persoalan seperti ini seseorang dapat menggunakan strategi design eksperimen. Dalam strategi ini, ia mungkin mengundang sejumlah peserta penelitian dan membaginya ke dalam dua kelompok. Satu kelompok diminta belajar tanpa gamifikasi. Kelompok kedua belajar menggunakan bantuan gamifikasi. Setelah itu, kedua kelompok diminta mengikuti ujian di mana pemahaman mereka akan diukur.

Terakhir, peneliti dapat membanding nilai-nilai peserta tanpa gamifikasi dan yang menggunakan gamifikasi. Perbanding ini dapat difasilitasi dengan menggunakan uji t.

Singkat kata, tulisan ini memberikan definisi desain penelitian, memberikan satu contoh desain penelitian yaitu desain pengujian, dan memberikan satu contoh masalah penelitian yang dapat dipecahkan dengan strategi desain pengujian.

Fergyanto E. Gunawan (fgunawan@binus.edu)