Kewajiban Publikasi dan Tingkat Stres Psikologi Dosen

Pemerintah Indonesia berusaha meningkatkan produktifitas dosen dalam hal publikasi artikel ilmiah. Untuk kebutuhan ini, pemerintah mengeluarkan sejumlah aturan mengenai kewajiban publikasi.

Merupakan rahasia umum bahwa dosen-dosen di Indonesia seringkali menerima gaji yang rendah, memiliki beban mengajar yang tinggi, dan tidak didukung oleh fasilitas penelitian secara memadai.

Dengan memperhatikan kondisi-kondisi di atas, kami awalnya menduga bahwa kewajiban publikasi yang didorong pemerintah akan meningkatkan stres yang bersifat psikologi. Paper ini membicarakan pengaruh kewajiban publikasi pada tingkat stres dosen.

Penelitian mengadopsi teori Job Demand-Control-Support (JDC-S). Data diperoleh menggunakan kuesioner yang didistribusikan pada 100 orang dosen secara acak. Analisis dilakukan menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut.

Mereka yang memiliki gelar S3 cenderung melihat bahwa beban penelitian tidak tinggi. Sementara untuk mereka yang memiliki gelar S2, opini mereka tersebar merata dari beban dianggap rendah sampai beban dianggap tinggi. Teori JDC-S fit dengan baik dengan data-data yang ada.

Sumber: Job_Stress – Copy.