A Life Lesson: Fergyanto E. Gunawan

tahun bukanlah waktu yang pendek. Waktu yang hampir setengah abad ini memberikan kesempatan untuk menjalani banyak hal, mulai dari pengalaman tabrakan sampai pengalaman belajar menulis paper ilmiah dari Prof. Dr-Eng. Hiroomi Homma di Toyohashi University of Technology di Jepang.

Homma sensei melatih saya lebih dari 10 tahun. Beliau dengan sabar mengoreksi kesalahan penulisan dengan ballpoint merahnya. Masih jelas di kepala paper pertama yang saya tulis. Draft paper yang ditinggalkan beliau di meja saya telah penuh dengan corat-coret merah. Beliau mengoreksi semua kalimat saya.

Setelah 10 tahun, draft paper yang saya berikan masih kembali dengan oretan tinta merah di sana-sini. Hanya jumlahnya berkurang. Sepuluh tahun untuk belajar.

Pelajaran yang saya ambil adalah betapa lamanya proses belajar untuk hal ini. Jelas sekali, keterampilan menulis ini bisa dipelajari. Saya bersyukur pernah menemukan mentor sesabar beliau. Mudah-mudahan saya bisa membantu mahasiswa seperti halnya Homma sensei membantu saya.

Wish me luck.