Berakhirnya Masa Keemasan Minyak Bumi

Puncak penggunaan bahan bakar berbasis karbon akan segera tiba, dan ini akan memiliki implikasi besar di berbagai aspek.

Puncak itu diramalkan terjadi di awal 2030, menurut Royal Dutch Shell. Sementara itu, BP meramalkan di akhir 2030 sampai di awal 2040, seperti yang disampaikan pada gambar di sampaing [1].

Prediksi ini berdasarkan fakta bahwa harga minyak dunia tidak pernah lagi kembali ke 100 Dollar per barel, dan sering berada di bawah 50 Dollar.

Secara umum, ketika ekonomi dunia membaik, harga minyak cenderung naik. Anomali dari fenomena ini merupakan fakta lain yang mendukung bahwa masa keemasan minyak akan segera berakhir.

Transportasi tetap merupakan sektor yang paling banyak menggunakan minyak bumi. Akan tetapi, perubahan dalam sektor ini dengan makin banyak adopsi mobil listrik dan car sharing dan pooling menjadi faktor berakhir masa keemasan minyak bumi.

Sumber: [1] Sioshansi F, Webb J. Transitioning from conventional to electric vehicles: The effect of cost and environmental drivers on peak oil demand. Economic Analysis and Policy. 2019 Mar 1;61:7-15.

 

Fergyanto E Gunawan, Dr Eng