Menyelesaikan masalah optimasi dengan Lingo

Teknik optimasi adalah salah satu mata kuliah yang diajarkan di Program Studi Master of Industrial Engineering di semester 1 periode 1. Penyelesaian masalah dengan teknik teknik optimasi perlu diperhatikan untuk menemukan solusi optimal dan memenuhi constraint.

Pada salah satu materi teknik optimasi, mahasiswa diminta untuk menyelesaikan permasalahan dan pemodelan matematis dengan pendekatan linear programming. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk eksplorasi teknik dan pemodelan matematis secara cepat dan mempraktikan penyelesaiannya dengan metode grafis.

selain itu, penyelesaian optimasi dengan persamaan linear programming dapat dengan cepat diselesaikan dengan software Lingo.
Salah satu mahasiswa, Bapak Bambang Eko Cahyono (Bembi), telah memberikan tutorial secara cepat bagaimana menggunakan software lingo untuk mencari solusi optimal pada linear programming.
Video tutorial tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

 

Masih banyak hal yang dapat dieksplorasi dalam teknik optimasi, mari tetap belajar dan berbagi informasi.

Silahkan kunjungi web program studi untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang kurikulum yang diajarkan di program studi master of Industrial Engineering, Binus University.