Cara Mudah Menaikkan Produktivitas

Fergyanto E. Gunawan

Kita selalu ingin bangun pagi dengan ceria, dengan penuh vitalitas. Seringkali, hal itu tidak kita rasakan. Badan sepertinya masih lelah, masih meminta tambahan waktu tidur, dan menghambat kita mengisi hari dengan hal-hal positif, dengan hal-hal bermanfaat.

Untuk memecahkan masalah ini, Farrimond (2020) menawarkan solusi murah dan mudah.

Kunci solusi masalah di atas adalah dengan melihat tubuh manusia adalah sistem biologi. Melihat dengan cara ini membantu untuk memecahkan masalah ini. Dalam sistem biologi badan manusia, hormon melatonin bertanggung jawab dengan munculnya rasa malas. Hormon melatonin yang tinggi menimbulkan rasa lelah dan ngantuk. Dengan demikian, untuk menghilangkan rasa malas, hormon ini harus `diusir’ dari badan kita.

Bagaimana caranya?

Menurut Farrimond (2020), sinar matahari pagi ampuh sekali dalam menghilangkan rasa malas. Sinar matahari pagi mampu `memerintah’ otak untuk menghentikan produksi hormon melatonin, hormon yang membuat kita mengantuk. Di samping itu, sinar matahari meningkatkan produksi hormon dopamine, hormon yang membuat kita ceria. Lebih jauh lagi, Farrimond (2020) memaparkan 80% simptom malas menjadi lebih baik dengan sinar matahari pagi.

Jangan khawatir, jika gagal mendapatkan sinar matahari pagi, sinar matahari siang ataupun sore tetap bermanfaat dalam menghilangkan rasa malas.

Jadi, bagaimana cara mudah untuk hari yang lebih ceria dan positif? Cukup dimulai dengan berjemur di pagi hari.

Referensi: Stuart Farrimond (2020), The Science of Living, Penguin Random House.