Diskusi tentang preperasi data di PT Pegadaian

Preparasi atau penyiapan data adalah kegiatan penting dalam pengambilan keputusan. Di era digital, data adalah kekuatan utama di industri agar pengambilan keputusan dapat berjalan efektif dan cepat. PT Pegadaian memiliki sekian banyak data yang berpotensi untuk menghasilkan pengetahuan baru untuk pengambilan keputusan dan pengembangan bisnis.

Pada sebuah diskusi yang dilaksanakan pada awal tahun 2023, Dosen MIE, Bapak Suharjito dan Bapak Asrol berkesempatan untuk berdiskusi dengan rekan rekan di PT Pegadaian tentang preparasi data dalam ruang lingkup data science untuk pengambilan keputusan. Data science merupakan keilmuan dan teknik yang diperlukan oleh industri saat ini, termasuk industri financial.

Data data pada industri finansial perlu dianalisis dan diolah dalam mendukung pengambilan keputusan yang tepat. Pengambilan keputusan yang tepat akan berjalan efektif dan efisien jika didukung oleh data yang mumpuni. Kegiatan ini adalah sosialisasi penggunaan teknologi RapidMiner dalam penyiapan data untuk mengantarkan pada analisis mendalam untuk data science dalam pengambilan keputusan. Pada kegiatan ini, peserta yang berasal dari PT Pegadaian diberikan penjelasan tentang pentingnya data serta teknik teknik yang harus diperlhatikan dalam mengolah data. Teknologi yang dimanfaatkan untuk mendukung tujuan tersebut adalah RapidMiner. Peserta juga diajak untuk mengolah data secara langsung dengan rapidminer agar dapat dimanfaatkan nanti di pekerjaan.

Berikut ini adalah beberapa dokumentasi kegiatan diskusi dan workshop dengan PT Pegadaian:

Diskusi studi kasus pada preperasi data menggunakan rapidminer dengan Pak Dr Suharjito

Diskusi preparasi data menggunakan rapidminer dengan Pak Dr Asrol

 

Pak Dr Suharjito menyampaikan studi kasus yang akan diselesaikan di diskusi