Produk Magister Teknik Industri dalam Tech Day 2024

Technology Day 2024
at BINUSĀ @Kemanggisan
Anggrek CampusšŸ„³

Technology Day merupakan event bulanan yang berlangsung di BINUSĀ @Kemanggisan. Sebagai kampus Digital Technology, Anggrek Campus rutin melakukan event ini setiap bulan dan mempersembahkan karya inovatif dari jurusan dan mahasiswa yang terkait Technology Terkini.

Magister Teknik Industri Binus turut berpartisipasi dalam event tersebut menampilkan produk jari prostetik bernama DigiSthetic Finger yang merupakan hasil dari hibah Kedaireka tahun 2023.

Di Indonesia ketersediaan dan aksesibilitas prostesis sering kali menjadi tantangan besar, terutama untuk jari prostesis. Apalagi, solusi yang ada saat ini cenderung mahal dan memakan waktu lama untuk diproduksi. Inilah yang mendorong kami untuk menciptakan solusi yang lebih cepat, lebih terjangkau, dan lebih personal: Digitally Cosmetic Prosthetic Finger (DigiSthetic Finger).

Inovasi kami menggunakan teknologi 3D scanning yang memungkinkan kami membuat jari prostesis dengan cepat dan akurat. Dengan metode konvensional, pembuatan jari prostesis dapat memakan waktu berbulan-bulan, namun dengan penggunaan 3D scanner, proses ini dapat diselesaikan dalam waktu yang jauh lebih singkat. Teknologi ini tidak hanya mempercepat proses produksi, tetapi juga memungkinkan kami untuk menciptakan prostesis yang lebih presisi dan sesuai dengan anatomi seperti warna kulit dan detail kuku hingga garis-garis pada jari penggunanya.

Berikut dokumentasi kegiatan pada pameran tersebut. Sekitar 400 siswa SMA beserta guru dari Jakarta dan Bogor menghadiri acara tersebut.