Problem Solving and Decision Making: Sharing with Gen-Z Bankers

Industri perbankan berkembang dengan pesat yang didorongoleh kemudahan akses data, pemanfaatan AI dan machine learning dan tuntutan customer service dan experience. Meskipun demikian, perbankan tidak boleh diam dan dituntut untuk terus berkembang sesuai dengan kebutuhan customer.

Sebagai salah satu industry dengan transformasi yang pesat di bidang teknologi, Industry perbankan tidak boleh menyangkal perkembangan sumber daya manusianya. Kompetensi karyawan perbankan tidak banyak dilihat pada kemampuan operasi teknologi tetapi juga kemampuan analisa problem untuk menghasilkan keputusan yang bermanfaat.

Untuk menyikapi hal tersebut Bank BTN melatih talenta muda, Gen Z. Untuk memiliki antisipasi dan sensitivitas pada kemampuan analisa masalah secara terstruktur. Dalam hal ini, dua orang faculty member dari MIE Binus University berkesempatan untuk sharing knowledge dan experience untuk lebih dari 20 Gen Z Bankers of BTN selama dua hari pada 19-20 Mei 2025.

Pak Asrol dan Pak Chris, sharing tentang framework problem solving and decision making menggunakan pendekatan PDCA. Studi kasus dan simulasi pada industri perbankan dikembangkan untuk melatih Gen-Z dalam Analisa masalah dan merekomendasikan keputusan. Sesuai dengan pendekatan industrial engineering, framework yang dikembangkan bersifat actual, data driven dan mengangkat studi kasus untuk memperoleh rekomendasi Keputusan.

Pelaksanaan sharing yang difasiltiasi oleh Binus Creates ini telah dilaksanakan sebanyak dua batch, Dimana batch pertama telah diselesaikan pada awal tahun.

Semoga sukses terus rekan-rekan Gen Z bankers!