Webinar: Mahakam Oil and Gas Industry and Industry 4.0 Implementation

Pada 23 Oktober 2021, pukul 10.00 – 12.00 WIB telah dilaksanakan Webinar tentang Mahakam Oil and Gas Industry and Industry 4.0 Implementation. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Program Studi Master of Industrial Engineering (MIE), Binus University dengan pembicara Bapak Nasuto SMAZ, ST, MT. Beliau juga merupakan salah satu alumni Program Studi Master of Industrial Engineering lulusan tahun 2019. Bertindak sebagai moderator adalah salah satu dosen MIE, bapak Dr. Muhammad Asrol. Selain itu, sesi ini juga diisi dengan pengenalan pada program studi MIE oleh Ibu Bonita. Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua program studi MIE, Bapak Fergyanto E Gunawan, Dr Eng.

Pak Nasuto berbicara tentang introduction to Pertamina Hulu Mahakam Industry, salah satu anak perusahaan Pertamina yang mengelola blok mahakam. Pada pengenalannya, banyak sekali teknologi-tekologi terbaru yang digunakan di industri ini, di antaranya Rig, robotic, Human Machine Interaction, big data, artificial intelligence dan lain sebagainya.

Sesuai dengan tantangan sekarang, Pak Nasuto juga menyampaikan ada 3 isu utama yang harus dihadapi oleh oil and gas industry saat ini, yaitu VUCA World, Global Industry, dan renewable energy. Langkah strategi yang dilakukan adalah industry 4.0 implementation, digitalization, modern technology and robotic serta senantiasa bersifat adaptif dan inovatif.

Kegiatan ini dihadiri oleh hampir 40 orang peserta. Peserta menyampaikan banyak sekali pertanyaan terkait dengan proses bisnis dan teknologi pengeboran minyak di Mahakam dan terkait dengan program studi MIE. Berikut ini adalah beberapa dokumentasi kegiatan tersebut:

sesi tanya jawab

 

Sesi Presentasi oleh Pak Nasuto

 

Sesi Presentasi oleh Pak Nasuto

Sambutan Kaprodi, Bapak Fergyanto E Gunawan, Dr Eng

Peserta webinar

Terima kasih atas semua partisipasi semua hadirin. Kami tunggu di program Studi MIE.
Sampai jumpa di webinar selanjutnya!