Bagaimana menentukan topik thesis dalam bidang teknik industri?

Pada setiap tahunnya, kami para dosen selalu menerima pertanyaan-pertanyaan yang hampir sama, misalnya seperti ini: “Apakah topik ini termasuk pada ruang lingkup teknik industri?” atau pertanyaan lainnya: “topik apa saja yang bisa kami ambil agar dapat dikerjakan sebagai thesis?”

Untuk menjawab hal ini, terutama tentang topik yang berhubungan dengan teknik industri, kita coba pahami dari ruang lingkup teknik industri yang telah disepakati secara umum. Institute of  Industrial and Systems Engineers (IISE) telah merumuskan body of knowledge teknik industri dan menentukan 14  topik utama. Faktanya, jumlah topik tersebut terus bertambah setiap tahunnya, artinya cakupan teknik industri dapat meliputi berbagai bidang.

Body of knowledge teknik industri menurut  IISE dapat dilihat pada Gambar 1 dan detailnya silahkan kunjungi site berikut ini: body of knowledge industrial engineering

Gambar 1 Body of knowledge teknik industri

Hal lainnya, selain menentukan topik yang diminati dan diajukan sendiri, mahasiswa juga dapat melihat penelitian-penelitian dosen yang saat ini dikerjakan. Tentu ini memerlukan komunikasi yang efektif dengan dosen dan juga perlu mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Dosen tentu akan sangat senang jika anda bisa join pada penelitian terkini yang sedang dikerjakannya.

Setelah mengetahui topik yang mencakup teknik industri, tentu pertanyaan selanjutnya akan muncul. Utamanya adalah tentang “apa yang harus dikerjakan?”, atau “apa yang menjadi tujuan penelitiannya?” atau pertanyaan yang lebih spesifik seperti “apa output penelitian yang akan dikerjakan ini?”.

Saya coba menjawab melalui materi webinar yang telah dilaksanakan oleh Prof Abdul Hakim Halim (Guru Besar ITB) beberapa waktu lalu di Program Studi Master Teknik Industri.  Prof Hakim menggaris bawahi terdapat 3 opsi utama yang harus diperhatikan untuk menyusun Thesis dalam bidang teknik industri, yaitu:

  1. Topik penelitian thesis harus berhubungan dengan perancangan (design), perbaikan (improvement) atau instalasi.
  2. Topik penelitian thesis dapat berupa output yang mengarahkan pada sistem terintegrasi (integrated system).
  3. Topik penelitian thesis dapat juga membahas tentang optimasi dan memberikan alternatif solusi.

Tiga aspek di atas dapat dipilih salah satu untuk menghasilkan Thesis dengan methodology yang kuat dan sesuai dengan body of knowledge teknik industri.

Selamat berkarya, mari hasilkan penelitian yang berkualitas.

 

 

Muhammad Asrol