FERGYANTO E. GUNAWAN, DR. ENG.

Associate Professor. Appreciate your time reading this page. Majority of my research articles can be seen in the following links: Sinta, Scopus, dan Google Scholar. If you need any of those papers, just contact me via email: fgunawan at binus.edu. Thank you.

Area of Expertise: Computational Intelligence, Solid Mechanics, Finite Element Method, Inverse Analysis, Structural Health Monitoring, Business Management and Marketing, Decision Science, Computer Engineering

Education History
Doctor of Engineering (Rompaku Program)
Structural and System Engineering
Toyohashi University of Technology, Toyohashi, Japan
Master of Engineering
Mechanical Engineering
Bandung Institute of Technology, Bandung, Indonesia
Bachelor of Engineering
Aeronautics and Aerospace Engineering
Bandung Institute of Technology, Bandung, Indonesia
Working Experience
Associate Professor (Present) (LK 550)
Binus Graduate Program
Bina Nusantara University, Jakarta, Indonesia
Research Associate (2009 – 2010)
School of Civil and Environmental Engineering
Western Australia University, Perth, Western Australia
Scientific Coworker (March – December 2009)
Institute of Solid Mechanics
Technical Universtaet of Braunschweig, Germany
Assistant Professor (1998 – 2009)
Department of Mechanical Engineering
Toyohashi University of Technology, Japan
Research Topic #3
Pembuatan Model Simulasi Pengapalan Urea dengan memperhatikan faktor cuaca dan perawatan dermaga

 

Tujuan Penelitian: Sebuah perusahaan urea terbesar di dunia mengoperasikan dua pelabuhan dan lima dermaga untuk pengapalan urea yang mereka produksi. Proses pengapalan urea dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak pasti seperti cuaca dan kerusakan peralatan pendukung. Setiap bulk hall, yang digunakan untuk menyimpan urea sementara, juga memiliki kapasitas tertentu. Tujuan penelitian adalah mengkaji pengaruh faktor-faktor di atas pada rencana pengapalan urea.

 

Data: Lihat Ref. [1].

 

Referensi:
[1] Andri Herdiansyah, Analisis efektifitas pelaksanaan urea bulk loading di pelabuhan/dermaga pada perusahaan pupuk XYZ, tesis S2, S2 Teknik Industri, Universitas Bina Nusantara, 2021.

Research Topic #2
Simulating Damages on a Laminated Composite Subjected to Low-Speed Impact.

 

Tujuan Penelitian: Menghasilkan model simulasi kerusakan plate komposit di bawah beban impak berkecepatan rendah. Simulasi ini dilakukan menggunakan perangkat lunak LS-Dyna. Model harus mampu mensimulasikan berbagai jenis kerusakan seperti putusnya fiber dan delaminasi antar lapisan. Untuk itu, perlu digunakan *MAT54 dengan model material Chang-Chang untuk memodelkan putusnya fiber. Di samping itu, perlu juga digunakan cohesive element untuk memodelkan delaminasi antar lapisan. Setiap lapisan perlu dimodelkan menggunakan elemen solid.  Gambar, diperoleh dari Ref. [2], memperlihatkan ilustrasi kerusakan karena beban impak kecepatan rendah.

 

Data: Untuk material, data bisa diperoleh dari Ref. [1]. Ukuran pelat komposit: Panjang 280 mm, lebar 25 mm, dan tebal 6 mm. Terdiri dari 16 layer. Diameter impactor adalah 10 mm terbuat dari besi.

 

Referensi:
[1] Osborne, Morgan, Single-element characterization of the LS-DYNA MAT54 material model, Master Thesis, Department of Aeronautics and Astronautics, University of Washington, 2012
[2] Giurgiutiu, Victor, Structural health monitoring (SHM) of aerospace composites, Polymer composites in the aerospace industry, Elsevier, 491—558, 2020
[3] Gunawan, Fergyanto E., Debonding strength of bundled glass fibers subjected to stress pulse loading, Engineering Fracture Mechanics 78, 2731–2745, 2011. Paper

Research Topic #1
Development of ARMA Models for Detecting Progressive Damage.

 

Tujuan Penelitian: Untuk membuat model ARMA untuk memprediksi kerusakan pada salah satu pegas dalam sebuah sistem massa-pegas dalam Python  (lihat gambar).

Dalam gambar, sistem terdiri dari 7 massa dan 8 pegas. Beban acak diterapkan pada Massa 4. Informasi detil model ini dapat dilihat di Referensi [2]. Model ARMA untuk kebutuhan SHM dijelaskan dalam Referensi [1].

 

Data: Data perpindahan untuk ke-tujuh massa untuk kondisi baik dan rusak dengan tingkat kerusakan 1%, 5%, 10%, dan 20% diberikan berikut ini: data sehat, kerusakan 1%, kerusakan 5%, kerusakan 10%, dan kerusakan 20%.

 

Referensi:
[1] Paixao, Jesse AS; da Silva, Samuel; and Figueiredo, Eloi Figueiredo, Damage quantification in composite structures using autoregressive models, Proceedings of the 13th International Conference on Damage Assessment of Structures, 804–815, 2020
[2] Fergyanto E. Gunawan, Reliability of the power spectral density method in predicting structural integrity, International journal of innovative computing, information and control, 15(5), 1717—1727, 2019, link=http://www.ijicic.org/ijicic-150508.pdf

[3] Flow chart perhitungan bisa diunduh di sini.