Evaluasi Keselarasan Key Performance Indicators Universitas dan Sistem Ranking Universitas Quacquarelli Symonds

Deskripsi singkat 

Kualitas suatu universitas juga dilihat dari peringkat universitas. Salah satu acuan pemeringkatan internasional oleh Kemenristekdikti yaitu QS World University Rankings. Tahun 2019, hanya terdapat 22 universitas di Indonesia yang masuk dalam daftar QS Asia University Rankings. Universitas pertama dari negara Indonesia yaitu Universitas Indonesia berhasil menempati posisi ke-57 dari 500 universitas. Salah satu fenomena pada universitas di Indonesia ditemukan nilai keseluruhan Key Performance Indicators (KPI) tidak selaras dan terindikasi memiliki korelasi tidak kuat dengan indikator penilaian QS Asia University Rankings. Apabila terjadi ketidakselarasan maka akan menjadi sulit untuk mencapai visi menjadi universitas bertaraf kelas dunia. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi KPI yang tidak selaras dengan matriks penilaian QS Asia University Rankings dan menyelaraskan KPI tersebut agar mencapai visi. KPI yang tidak selaras terdiri dari 27 KPI terhadap employer reputation, 7 KPI terhadap academic reputation, 1 KPI terhadap proportion of staff with PhD, 1 KPI terhadap faculty student ratio, dan 1 KPI terhadap paper per faculty. Penyelarasan dapat dilakukan dengan menganalisis korelasi, faktor penyebab menggunakan fishbone diagram, menyusun model cascading, dan peta hasil. Hasil dari penyelarasan KPI dapat dilihat pada gambaran peta hasil dengan memprioritaskan KPI yang berhubungan dengan indikator penilaian berbobot terbesar (30%), menyusunan KPI menggunakan bahasa yang tepat sasaran terhadap indikator QS, dan setiap KPI perlu selaras juga dengan sasaran strategi.

 

Penelitian Selanjutnya 

Melakukan focus group discussion untuk memvalidasi konsep pemikiran antara tim penyusun KPI universitas dengan peneliti dimana perlu ada keterbukaan antar pihak agar hasil brainstorming lebih luas. Tentunya penelitian selanjutnya dapat dilakukan sebagai bentuk kerjasama antara peneliti dengan tim universitas yang mau menerapkan usulan KPI tersebut yang dapat dijabarkan dalam monograf.

 

Tentang Penulis

Laurencia Prasetya Limartha, S.T., M.T.

Penulis Lulus S1 di Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri Universitas Gunadarma tahun 2018, Lulus S2 di Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Bina Nusantara tahun 2020. Saat ini menjabat sebagai staf akademik Fakultas Teknik Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Pengalaman kerja sebelumnya sebagai Search Ops-Business Development pada TOKOPEDIA pada tahun 2019 dan guru les privat SD. Pernah menjabat sebagai Penanggung Jawab Laboratorium Dasar Teknik Industri Universitas Gunadarma serta asisten Laboratorium Teknik Industri selama berkuliah S1. Semasa berkuliah S1 aktif beroganisasi di Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Gunadarma sebagai anggota divisi akademik periode 2015/2016 dan Ketua Bidang 1 (divisi Akademik serta Penelitian dan Pengembangan) periode 2016/2017.