Topik penelitian

  • Development of ARMA Models for Detecting Progressive Damage. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model ARMA untuk memprediksi kerusakan pada salah satu pegas dalam sebuah sistem massa-pegas dalam Python. D3776 – Prof Fergyanto E Gunawan, Dr Eng. 08 Agustus 2022.
  • Simulating Damages on a Laminated Composite Subjected to Low-Speed Impact. Penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan model simulasi kerusakan plate komposit di bawah beban impak berkecepatan rendah. Simulasi ini dilakukan menggunakan perangkat lunak LS-Dyna. Model harus mampu mensimulasikan berbagai jenis kerusakan seperti putusnya fiber dan delaminasi antar lapisan. Untuk itu, perlu digunakan *MAT54 dengan model material Chang-Chang untuk memodelkan putusnya fiber. Di samping itu, perlu juga digunakan cohesive element untuk memodelkan delaminasi antar lapisan. Setiap lapisan perlu dimodelkan menggunakan elemen solid. D3776 – Prof Fergyanto E Gunawan, Dr Eng. 08 Agustus 2022.
  • Pembuatan Model Simulasi Pengapalan Urea dengan memperhatikan faktor cuaca dan perawatan dermaga. Sebuah perusahaan urea terbesar di dunia mengoperasikan dua pelabuhan dan lima dermaga untuk pengapalan urea yang mereka produksi. Proses pengapalan urea dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak pasti seperti cuaca dan kerusakan peralatan pendukung. Setiap bulk hall, yang digunakan untuk menyimpan urea sementara, juga memiliki kapasitas tertentu. Tujuan penelitian adalah mengkaji pengaruh faktor-faktor di atas pada rencana pengapalan urea. D3776 – Prof Fergyanto E Gunawan, Dr Eng. 08 Agustus 2022.
  • Smart manufacturing dan Manufacturing digital twin. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem manufaktur pintar untuk mendukung peningkatan efisiensi dan operasi sejalan dengan perkembangan industry 4.0. D2496 –Taufik, ST, MT, PhD. 08 Agustus 2022.
  • Integration of GIS and optimization method for precision farming of palm oil. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model optimasi yang diintegrasikan dengan geographical information system (GIS) untuk membuat industri kelapa sawit yang presisi, dari hulu hingga hilir industri. D2346 – Dr Suharjito, SSi, MT. 08 Agustus 2022.
  • Decision support system of precision farming for Palm Oil. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pengambilan keputusan didukung oleh teknik-teknik optimasi dan pengambilan keputusan dalam rangka untuk menciptakan industri kelapa sawit yang presisi. D2346 – Dr Suharjito. 08 Agustus 2022.
  • Multi objective Optimization model of Crude palm oil supply chain. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimasi rantai pasok industri kelapa sawit dengan pendekkatan optimasi multi-tujuan. D2346 – Dr Suharjito, SSi, MT. 08 Agustus 2022.
  • Assessment model of sustainable agriculture for palm oil industry. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghitung kinerja keberlanjutan industri kelapa sawit. D2346 – Dr Suharjito, SSi, MT. 08 Agustus 2022.
  • Crude palm oil prices forecasting model using deep learning. Penelitian ini bertujuan untuk merancang model forecasting untuk memonitor harga kelapa sawit menggunakan deep learning. D2346 – Dr Suharjito, SSi, MT. 08 Agustus 2022.
  • Technology and operations management. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis operasi industri dan memberikan rekomendasi peningkatan efisiensinya. D3768 – Firdaus Alamsjah, PhD. 08 Agustus 2022.
  • Digital transformation. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi transformasi digital di industri dan menemukan gap potensi pengembangan di masa mendatang. D3768 – Firdaus Alamsjah, PhD. 08 Agustus 2022.
  • Decision Support System for Sustainability Assessment and Improvement. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem pengambilan keputusan untuk penilaian dan peningkatan keberlanjutan industri. Penilaian keberlanjutan dapat dikembangkan dengan model machine learning atau traditional analysis dan menemukan kinerja keberlanjutan saat ini. D3768 – Dr Muhammad Asrol. 08 Agustus 2022.
  • Decision Support System for supply chain improvement at food industry. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja rantai pasok industri pangan dan mengimplementasikan di dalam sistem pengambilan keputusan. Rekomendasi keputusan juga perlu dihasilkan dari hasil pengukuran kinerja rantai pasok. D3768 – Dr Muhammad Asrol. 08 Agustus 2022.
  • Industrial Product Design and Evaluation using data science and MCDM. Produk produk industri dirancang berdasarkan kebutuhan konsumen. Sering sekali, produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan ekspektasi konsumen. Melalui pendekatan data science atau MCDM, penelitian ini berupaya merancang produk sesuai dengan keinginan konsumen dan memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk lainnya. D3768-Muhammad Asrol. 08 Agustus 2022.
  • Smart (Enabled by AI) Energy Systems (Solar PV, Energy Storage, Electric Vehicle). D6419 – Arief S Budiman, PhD. 08 Agustus 2022.
  • Industrial System Design for Innovations in Industry 4.0. D6419 – Arief S Budiman, PhD. 08 Agustus 2022.